Abstract :
Bank sebagai lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting
dalam masyarakat baik perorangan maupun perusahaan. Dengan semakin
meningkatnya kegiatan maka masyarakat semakin membutuhkan jasa perbankan.
Bagi bank, tabungan dapat juga dipakai sebagai sarana menarik minat nasabah
untuk menyimpan dananya di bank. Banyaknya bank yang sudah mengeluarkan
produk, menyebabkan adanya persaingan yang cukup ketat antar bank-bank
tersebut, sehingga Bank Mandiri perlu mengantisipasi perkembangan lingkungan
usahanya serta perubahan kebutuhan masyarakat akan jasa keuangan. Selain itu
Bank Mandiri harus berusaha untuk menciptakan kepuasan nasabah yang
kemudian akan percaya dan dapat membangun hubungan pemasaran yang lebih
baik. Oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk meneliti tentang pengaruh
kepuasan, kepercayaan dan hubungan pemasaran terhadap loyalitas nasabah Bank
Mandiri.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah Bank Mandiri cabang
Pati Unus Kediri. Teknik penentuan sample menggunakan metode purposive
sampling yaitu teknik pengambilan yang mempunyai ciri atau sifat yang sudah
diketahui sebelumnya, dikhususkan bagi nasabah yang berusia 17 ke atas. Teknik
analisa yang dipakai adalah permodelan SEM (Structural Equation Modeling).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
kepuasan, kepercayaan, dan hubungan pemasaran tidak berpengaruh terhadap
loyalitas. Sehingga hipotesis penelitian ini tidak teruji kebenarannya.