Abstract :
PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN PELAYANAN TERHADAP
KEPUTUSAN MENONTON DI CINEMA 21 TUNJUNGAN PLAZA
SURABAYA
Oleh :
Nunik Setiyaniwati
ABSTRAKSI
Bioskop merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dari berbagai
macam jenis jasa hiburan yang ditawarkan dimana dari dahulu sampai sekarang
masih tetap diminati oleh setiap orang. Masyarakat selaku konsumen dewasa ini lebih
selektif dalam memilih bioskop sebagai tempat hiburan. Hal ini tidak dipengaruhi
oleh faktor harga saja, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti fasilitas dan
pelayanan yang ada dalam bioskop tersebut. Selain itu sekarang banyak sekali
VCD/DVD bajakan yang beredar, adanya rental untuk meminjam VCD/DVD yang
diminati dan dengan harga yang terjangkau sehingga konsumen menjadi lebih tertarik
untuk menikmati film dirumah daripada di bioskop.Tujuan dari penelitian ini adalah
Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan menonton di Cinema 21
Tunjungan Plaza Surabaya,untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap keputusan
menonton di Cinema 21 Tunjungan Plaza Surabaya,untuk mengetahui pengaruh
fasilitas terhadap keputusan menonton di Cinema 21 Tunjungan Plaza Surabaya
Dalam penelitian ini populasi yang dijadikan obyek adalah seluruh penonton
yang menonton di Cinema 21 Tunjungan Plaza Surabaya pada periode bulan
Desember 2008. Sampel yang digunakan adalah penonton yang menonton di Cinema
21 Tunjungan Plaza Surabaya. Peneliti menggunakan metode Accidental Sampling.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah termasuk pada jenis sampel
non probability sampling yaitu penentuan sampel yang berdasarkan penilaian secara
obyektif yang dilakukan secara random karena belum diketahuinya jumlah populasi
yang diteliti.Bahwa sampel size menggunakam ukuran 5 sampai 10 kali parameter
yang diestimasi. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 140 responden yang
mewakili populasi.
Dari hasil analisis diketahui bahwa pengaruh variabel harga(price) dan
fasilitas(facility) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menonton,
sedangkan pelayanan(service) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menonton.
Kata kunci : Harga,Fasilitas, dan Pelayanan