Abstract :
Rumah Makan ?PADIN? ini merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang kuliner
yang termasuk dalam jenis usaha sektor informal yang bisa menentukan perkembangan
perekonomian bangsa juga bisa mengurangi pengangguran yang terjadi. Semakin banyaknya
usaha kecil mengakibatkan ketatnya persaingan membuat pelaku bisnis yang lebih unggul.
Strategi bisnis yang dilakukan pedagang merupakan strategi awal dalam mengembangkan
usahanya di kemudian hari. Jika strategi tersebut berjalan sesuai dengan rencana maka kegiatan
usaha akan dapat bertahan dari waktu ke waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dilakukan oleh Rumah
Makan ?PADIN? Bu Dewi Achmad. Strategi bisnis tersebut antara lain strategi produksi, strategi
keuangan, strategi manajemen sumber daya manusia dan strategi pemasaran. Populasi dari
penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen dari Rumah Makan ?PADIN? . Teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah informasi yang berupa narasi-narasi deskriptif yang
dihasilkan dengan wawancara mendalam (indepth interview) yang berkaitan dengan strategi
Rumah makan ?PADIN? Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui Rumah makan ?PADIN? berada di kuadran
1 (satu) yaitu menunjukkan bahwa meskipun menghadapi berbagai ancaman, usaha tersebut ini
masih memiliki kekuatan dari segi internal.
Kata Kunci : Organisasi Bisnis, Analisis SWOT, Strategi Bisnis, Penjualan, Profit