Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan video blog Sarah Ayu
versi Huge New York MakeUp Haul dengan perilaku konsumtif remaja Surabaya, khusunya usia
19 ? 22 tahun. Anaslis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
statistik.
Penelitian ini dimaksudkan mencari hubungan antar dua variabel yaitu variabel terikat
dan variabel bebas. Untuk menguji hubungan antara keduanya maka digunakan koefisien
korelasi Rank Spearman, karena data dalam penelitian ini berbentuk data ordinal.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data
Rank Spearman diketahii bahwa secara statistik tayangan video blog Sarah Ayu versi Huge New
York MakeUp Haul (X) memiliki hubungan dengan perilaku konsumtif remaja Surabaya (Y), hal
tersebut yang ditunjukkan dari nilai t -test sebesar 3,9352 dimana nilainya lebih besar dari t-tabel
sebesar 1,660.
Dan mempunyai tingkat hubungan atau tingkat korelasi rendah, hal ini dapat dilihat dari
hasil penelitian dimana koefisien rank spearman adalah 0,3694 sehingga berdasarkan pada
pedoman untuk memberikan interpretasi koefisien korelasi berada pada kategori 0,20 ? 0,399.
Kata Kunci : Video Blog, Youtube, Hubungan, Perilaku Konsumtif, Remaja