Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Fashion streetwear yang merupakan
sebuah mode atau gaya berpakaian khas fashion jalanan, yang tumbuh dan
berkembang dengan mengadopsi berbagai kebudayaan jalanan di dalamnya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan
menggunakan teori Komunikasi Tentang Identitas oleh Michael Hecht, yang
mendikotomikan sejumlah informan kedalam tiga tingkatan di dalam sebuah proses
pembentukan identitas sehubungan dengan penggunaan fashion streetwear sebagai
gaya keseharian mereka, diantaranya : Personal Layer, Enactment Layer dan
Communal Layer. Penggolongan tersebut tentunya diukur melalui berbagai
pernyataan informan berdasarkan hasil wawancara mendalam (in depth interview)
terkait dengan identitas budaya yang direpresentasikan melalui penggunaan fashion
streetwear di dalam gaya keseharian mereka sebagai masyarakat urban.
Kata Kunci : Fashion, Streetwear, Remaja, Identitas