DETAIL DOCUMENT
STREETWEAR SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT URBAN (Studi Deskriptif Kualitatif Identitas Budaya pada Remaja Pengguna Streetwear di Kota Surabaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Fadel , Alief Feisol
Subject
P87 Communication. Mass Media 
Datestamp
2018-07-19 02:54:43 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Fashion streetwear yang merupakan sebuah mode atau gaya berpakaian khas fashion jalanan, yang tumbuh dan berkembang dengan mengadopsi berbagai kebudayaan jalanan di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teori Komunikasi Tentang Identitas oleh Michael Hecht, yang mendikotomikan sejumlah informan kedalam tiga tingkatan di dalam sebuah proses pembentukan identitas sehubungan dengan penggunaan fashion streetwear sebagai gaya keseharian mereka, diantaranya : Personal Layer, Enactment Layer dan Communal Layer. Penggolongan tersebut tentunya diukur melalui berbagai pernyataan informan berdasarkan hasil wawancara mendalam (in depth interview) terkait dengan identitas budaya yang direpresentasikan melalui penggunaan fashion streetwear di dalam gaya keseharian mereka sebagai masyarakat urban. Kata Kunci : Fashion, Streetwear, Remaja, Identitas  
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur