Abstract :
Tuntutan untuk dapat memahami perilaku konsumen merupakan konsekuensi logis
implementasi konsep pemasaran, Pengetahuan dan informasi yang luas tentang konsumen
merupakan sarana yang sangat berguna bagi manajemen untuk mengembangkan strategi
pemasaran yang efektif. Keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau
membeli atau tidak terhadap produk. Dari berbagai faktor yang mempengaruhi konsumen
dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, biasanya konsumen selalu
mempertimbangkan harga dan iklan yang sudah dikenal oleh masyarakat Sebelum konsumen
memutuskan untuk membeli,: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap
keputusan pembelian notebook toshiba di toko YS Computer Hi-Tec Mall Surabaya. 2)
Untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian notebook toshiba di toko
YS Computer Hi-Tec Mall Surabaya.
Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 72 responden. Teknik sampel dalam
penelitian ini menggunakan metode penentuan sampling purposive. Metode pengumpulan
data menggunakan metode kuisioner. Analisis data menggunakan alat analisis Partial Least
Square (PLS).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: (1) Persepsi Harga memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Iklan memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata Kunci : Persepsi Harga, Iklan, Keputusan Pembelian