Abstract :
PENGARUH BEBERAPA FAKTOR BELAJAR TERHADAP
TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA
AKUNTANSI DI UPN ?VETERAN? JAWA TIMUR
Oleh
Novy Rachmawati
ABSTRAK
Pemahaman akuntansi merupakan suatu kemampuaan seseorang untuk
mengenal dan mengerti tentang akuntansi. Tingkat pemahaman akuntansi dapat
diukur dari nilai mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan
Menengah,Akuntansi Keuangan Lanjutan, Auditing, dan Teori Akuntansi.
Sedangkan tingkat pemahaman sendiri dapat diperoleh dari proses pembelajaran.
Faktor ? faktor yang mempengaruhi belajar dapat dibedangkan menjadi dua
golongan, yaitu faktor intern, seperti minat, motivasi, bakat, sikap, dan lain-lain.
Sedangkan faktor ekstern, seperti keluarga, sekolah yang meliputi : metode
mengajar, kurikulum, alat-alat yang digunakan dalam pelajaran, dan sebagainya.
Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui
dan menguji pengaruh minat, motivasi, sikap, kualitas dan potensi dosen pegajar,
serta media pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa
akuntansi dan apakah terdapat pengaruh paling dominan dari kelima variabel
tersebut.
Obyek penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas
Pembangunan Nasional ?Veteran? Jawa Timur angkatan 2006. Variabel penelitian
yang digunakan sebagai variabel bebas adalah minat, motivasi, sikap kualitas
dosen pengajar, serta media pendidikan sebagai variabel bebas, dan pemahaman
akuntansi sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi
linier berganda.
Berdasarkan hasil uji F (tabel) dan uji t (tabel) dapat disimpulkan bahwa
minat (X1), motivasi (X2), kualitas dan potensi dosen pengajar (X4), serta media
pendidikan (X5) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat
pemahaman akuntansi (Y), sedangkan sikap (X3) berpengaruh signifikan terhadap
pemahaman akuntansi (Y).