DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BEBERAPA FAKTOR BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UPN “VETERAN” JAWA TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Novy , Rachmawati
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2011-03-04 10:23:45 
Abstract :
PENGARUH BEBERAPA FAKTOR BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UPN ?VETERAN? JAWA TIMUR Oleh Novy Rachmawati ABSTRAK Pemahaman akuntansi merupakan suatu kemampuaan seseorang untuk mengenal dan mengerti tentang akuntansi. Tingkat pemahaman akuntansi dapat diukur dari nilai mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah,Akuntansi Keuangan Lanjutan, Auditing, dan Teori Akuntansi. Sedangkan tingkat pemahaman sendiri dapat diperoleh dari proses pembelajaran. Faktor ? faktor yang mempengaruhi belajar dapat dibedangkan menjadi dua golongan, yaitu faktor intern, seperti minat, motivasi, bakat, sikap, dan lain-lain. Sedangkan faktor ekstern, seperti keluarga, sekolah yang meliputi : metode mengajar, kurikulum, alat-alat yang digunakan dalam pelajaran, dan sebagainya. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh minat, motivasi, sikap, kualitas dan potensi dosen pegajar, serta media pendidikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi dan apakah terdapat pengaruh paling dominan dari kelima variabel tersebut. Obyek penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ?Veteran? Jawa Timur angkatan 2006. Variabel penelitian yang digunakan sebagai variabel bebas adalah minat, motivasi, sikap kualitas dosen pengajar, serta media pendidikan sebagai variabel bebas, dan pemahaman akuntansi sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji F (tabel) dan uji t (tabel) dapat disimpulkan bahwa minat (X1), motivasi (X2), kualitas dan potensi dosen pengajar (X4), serta media pendidikan (X5) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Y), sedangkan sikap (X3) berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi (Y). 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur