DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN NGANJUK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Lyra , Setia M.S
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2018-07-19 07:48:10 
Abstract :
ABSTRAKSI LYRA SETIA MAYANGSARI, UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN NGANJUK OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN NGANJUK Pendidikan merupakan suatu hal yang memberikan pengaruh pada kehidupan, sehingga pendidikan memiliki peran penting dalam setiap aspek kehidupan manusia. Dengan pendidikan akan membawa manusia pada arah kehidupan yang lebih baik, serta akan menuju kepada kondisi yang lebih maju. Sehingga untuk mencapai hal itu pendidikan perlu di tanam sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu jenjang pendidikan paling dasar untuk tumbuh kembang anak bangsa, yang juga penyelenggaraannya tidak lepas dari kebijakan dan sistem pendidikan nasional. Standar tentang kompetensi guru merupakan salah satu standar yang penting menjadi perhatian pemerintah. Memahami hal tersebut, Nampak jelas bahwa guru yang bertugas sebagai pengelola pembelajaran dituntut untuk memiliki standar kompetensi dan professional. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. lokasi penelitian di TK Negeri Pembina Kabupaten Nganjuk. Fokus penelitian ini berdasarkan pada teori dari Nana Sudjana tentang kinerja pegawai, dalam hal ini ada 2 (Dua) fokus penelitian yaitu pertama, Pelatihan dan yang kedua Supervisi Akademik. Hasil Penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk memberikan suatu kegiatan kepada Guru TK Negeri Pembina Kabupaten Nganjuk. Dimana kegiatan itu terdiri 2 (Dua) Kegiatan yaitu Pelatihan dan Supervisi Akademik. Untuk kegiatan pelatihan ini memiliki 4 (Empat) Kegiatan yang dilakukan yaitu Kegiatan workshop, diklat dan KKG (Kelompok Kerja Guru). Dan kegiatan Pelatihan ini dilakukan 1 bulan sekali pada jam 08.00 ? 15.00 WIB. Tujuan adanya kegiatan pelatihan ini adalah yang pertama dapat meningkatkan mutu kualitas pembelajaran di TK, yang kedua dapat meningkatkan SDM guru dan manfaat yang terakhir dapat memajukan TK tersebut. setelah kegiatan pelatihan ini dilakukan, adapun hasil yang dapat dicapai yaitu tentang kurikulum, keterampilan seni dan sains, serta tentang perilaku. Dari ketiga hasil ini dapat disampaikan ke semua guru yang mengikuti pelatihan tersebut agar kinerja mereka dapat lebih baik dalam memberikan pendidikan ke anak didik mereka masing-masing. Kemudian untuk kegiatan selanjutnya adalah supervisi akademik. Untuk kegiatan supervisi akademik ini memiliki 1(Satu) Kegiatan yaitu studi banding. Studi banding ini dilakukan biasanya tergantung keuangan dan situasinya. Terkadang dilakukan 1 semester sekali atau 1 tahun sekali. Dan Studi banding ini dilakukan selama 3 hari. Tujuan adanya studi banding ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan lembaga TK sendiri. Kata Kunci : Pendidikan, Kompetensi Guru, Pelatihan, Supervisi Akademik  
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur