Abstract :
ABSTRAKSI
LYRA SETIA MAYANGSARI, UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI
PROFESIONAL PENDIDIK DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN
NGANJUK OLEH DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN NGANJUK
Pendidikan merupakan suatu hal yang memberikan pengaruh pada
kehidupan, sehingga pendidikan memiliki peran penting dalam setiap aspek
kehidupan manusia. Dengan pendidikan akan membawa manusia pada arah
kehidupan yang lebih baik, serta akan menuju kepada kondisi yang lebih maju.
Sehingga untuk mencapai hal itu pendidikan perlu di tanam sejak usia dini.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu jenjang pendidikan
paling dasar untuk tumbuh kembang anak bangsa, yang juga penyelenggaraannya
tidak lepas dari kebijakan dan sistem pendidikan nasional. Standar tentang
kompetensi guru merupakan salah satu standar yang penting menjadi perhatian
pemerintah. Memahami hal tersebut, Nampak jelas bahwa guru yang bertugas
sebagai pengelola pembelajaran dituntut untuk memiliki standar kompetensi dan
professional.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. lokasi penelitian di
TK Negeri Pembina Kabupaten Nganjuk. Fokus penelitian ini berdasarkan pada
teori dari Nana Sudjana tentang kinerja pegawai, dalam hal ini ada 2 (Dua) fokus
penelitian yaitu pertama, Pelatihan dan yang kedua Supervisi Akademik.
Hasil Penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk
memberikan suatu kegiatan kepada Guru TK Negeri Pembina Kabupaten
Nganjuk. Dimana kegiatan itu terdiri 2 (Dua) Kegiatan yaitu Pelatihan dan
Supervisi Akademik. Untuk kegiatan pelatihan ini memiliki 4 (Empat) Kegiatan
yang dilakukan yaitu Kegiatan workshop, diklat dan KKG (Kelompok Kerja
Guru). Dan kegiatan Pelatihan ini dilakukan 1 bulan sekali pada jam 08.00 ?
15.00 WIB. Tujuan adanya kegiatan pelatihan ini adalah yang pertama dapat
meningkatkan mutu kualitas pembelajaran di TK, yang kedua dapat meningkatkan
SDM guru dan manfaat yang terakhir dapat memajukan TK tersebut. setelah
kegiatan pelatihan ini dilakukan, adapun hasil yang dapat dicapai yaitu tentang
kurikulum, keterampilan seni dan sains, serta tentang perilaku. Dari ketiga hasil
ini dapat disampaikan ke semua guru yang mengikuti pelatihan tersebut agar
kinerja mereka dapat lebih baik dalam memberikan pendidikan ke anak didik
mereka masing-masing. Kemudian untuk kegiatan selanjutnya adalah supervisi
akademik. Untuk kegiatan supervisi akademik ini memiliki 1(Satu) Kegiatan yaitu
studi banding. Studi banding ini dilakukan biasanya tergantung keuangan dan
situasinya. Terkadang dilakukan 1 semester sekali atau 1 tahun sekali. Dan Studi
banding ini dilakukan selama 3 hari. Tujuan adanya studi banding ini adalah
untuk meningkatkan dan mengembangkan lembaga TK sendiri.
Kata Kunci : Pendidikan, Kompetensi Guru, Pelatihan, Supervisi Akademik