DETAIL DOCUMENT
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENUNGGAK MEMBAYAR RETRIBUSI SURAT IZIN PEMAKAIAN TANAH DI KECAMATAN GUBENG KOTA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Icha, Juliana P.
Subject
HF Commerce 
Datestamp
2018-07-19 08:10:19 
Abstract :
ABSTRAKSI ICHA JULIANA PUTRI, 1441010032, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENUNGGAK MEMBAYAR RETRIBUSI SURAT IZIN PEMAKAIAN TANAH DI KECAMATAN GUBENG KOTA SURABAYA. Penerimaan dari hasil retribusi merupakan salah satu pemasukan dana yang dapat diandalkan bagi daerah karena besarnya retribusi seiring dengan laju pertumbuhan penduduk, perekonomian, teknologi, dan stabilitas nasional. Agar tetap dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya, dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam membayar retribusi IPT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menunggak membayar surat Izin Pemakaian Tanah di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Tujuan Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah objek tunggakan retribusi IPT di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya yang terdata di Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simpel Random Sampling. Jumlah sampel ditentukan 300 responden masyarakat wajib retribusi IPT. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Koefisien Spearman Rank. Hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh koefisien korelasi variabel X1 sebesar 0,90 yang berarti tingkat hubungan sangat tinggi. Koefisien korelasi variabel X2 sebesar 0,12 yang berarti tingkat hubungan sangat rendah dan koefisien korelasi variabel X3 sebesar 0,13 yang berarti tingkat hubungan sangat rendah. Variabel X1, X2, X3 telah dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penunggak retribusi IPT. Faktor yang berpengaruh terhadap tingkat penunggak retribusi IPT yakni faktor kesadaran (81%), faktor kualitas pelayanan (1,44 %) dan faktor sanksi denda (1,69 %). Kata kunci : Retribusi IPT, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Sanksi Denda  
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur