DETAIL DOCUMENT
Peran Dinas Koprasi Dan Usaha Mikro Dalam Memberdayakan Pedagang Kaki LIma (PKL) Pada Sentral PKL Gunung Anayar Kota Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Erlita , Yustya A.
Subject
HV Social pathology. Social and public welfare 
Datestamp
2018-07-19 08:25:20 
Abstract :
ABSTRAK ERLITA YUSTYA RINI, 1241010076. PERAN DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SURABAYA DALAM MEMBERDAYAKAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI SENTRA PKL GUNUNG ANYAR KOTA SURABAYA. Kehadiran Pedagang Kaki Lima (PKL) di kota-kota besar merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan suatu kota. Permasalahan ekonomi yaitu PKL merupakan kegiatan usaha ekonomi berskala kecil dan bermodal relatif kecil, permasalahan sosial budaya antara lain lokasi pemukiman dari rumah tangga PKL ini umumnya di daerah-daerah yang kumuh di perkotaan, didaerah-daerah yang kurang strategis. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Kecamatan Gunung Anyar memberikan kebijakan untuk berjualan pada waktu pagi hari hingga malam hari dengan catatan harus bertanggung jawab atas kebersihan disekitar sentra PKL di Kecamatan Gunung Anyar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisa dan mengidentifikasi tentang Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam memberdayakan Pedagang Kaki Lima (PKL) pada Sentra PKL Gunung Anyar Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus pembinaan dan pemberian sarana dan prasarana berdasarkan konsep dan teori pembinaan, pemberdayaan, dan manajemen meliputi membuat menu kreasi dan higienis, membuat inovasi penyajian menu, pemberian sarana dan prasarana seperti pemberian stand, rombong, subsidi listrik dan air, serta pemberian meja dan kursi.teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis model interatif. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya melalui pembinaan bekerjasama dengan Surabaya Hotel School (SHS) dalam kegiatan melalui pelatihan ketrampilan memasak yang meliputi membuat kreasi menu, kehigienisan, dan membuat inovasi penyajian menu belum berhasil memberdayakan pedagang kaki lima (PKL). (2) Dalam melaksanakan pemberian bantuan sarana dan prasarana tersebut belum mampu atau belum berhasil dalam memberdayakan PKL di Sentra Wisata Kuliner Gunung Anyar. Kata Kunci : Pemberdayaan, Peran Dinas, Bantuan Sarana dan Prasarana  
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur