Abstract :
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA AKUNTANSI
TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ?VETERAN?
JAWA TIMUR
Oleh :
MARIA PRIMA DEWI
Abstrak
Kebutuhan akuntansi dalam dunia usaha saat ini, sangat dibutuhkan terlebih
dalam menghadapi era globalisasi. Dalam program studi akuntansi, mahasiswa akan
diberi bekal mengenai penyusunan dan pemeriksaan laporan keuangan, perencanaan
perpajakan, dan analisis laporan keuangan. Proses belajar mengajar dalam berbagai
aspeknya sangat berkaitan dengan kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan
emosional ini mampu melatih kemampuan mahasiswa tersebut, yaitu kemampuan
untuk mengelola perasaannya, kemampuan untuk memotivasi dirinya, kesanggupan
untuk tegar dalam menghadapi frustasi, kesanggupan mengendalikan dorongan dan
menunda kepuasan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu
berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Dengan kemampuan ini maka
mahasiswa akan mampu untuk mengenal siapa dirinya, mengendalikan dirinya,
memotivasi dirinya, berempati terhadap lingkungan sekitarnya dan memiliki
keterampilan social yang akan meningkatan kualitas pemahaman mereka tentang
akuntansi karena adanya proses belajar yang didasari oleh kesadaran mahasiswa itu
sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh dari
kecerdasan emosional mahasiswa akuntansi yang diukur dengan pengenalan diri,
pengendalian diri, motivasi, dan ketrampilan sosial terhadap tingkat pemahaman
akuntansi.
Sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah 81 responden (Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ?Veteran?
Jawa Timur, Angkatan 2006). Sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari
jawaban kuisioner yang disebar pada 81 responden. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu
komputer, yang menggunakan program SPSS. 16.0 For Windows
Berdasarkan dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang
menyatakan bahwa diduga ada pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa akuntansi
yang diukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, dan ketrampilan
sosial terhadap tingkat pemahaman akuntansi, teruji kebenarannya