Abstract :
Dalam dunia bisnis industri, tren konsumsi masyarakat Indonesia saat ini sudah
mulai bergeser ke jenis makanan instan khususnya pada industri mie instan. Persaingan
antar industri mie instan sangatlah ketat. Salah satu contohnya ialah perusahaan market
leader mie instan Indomie yang mengalami penurunan pada Top Brand Index dan
Awareness mie instan terutama pada tahun 2015, yang mengindikasikan bahwa retensi
pelanggan terhadap produk mie instan Indomie mulai melemah. Karena itu konsentrasi
pemasaran tidak lagi sekedar untuk memperoleh pelanggan baru melainkan dengan
strategi membentuk retensi pelanggan agar pelanggan tidak mudah untuk beralih pada
produk mie instan lain. Obyek penelitian yang dipilih ialah produk mie instan Indomie
dan anak Asrama Putri Bela Negara UPN ?Veteran? JATIM sebagai responden
penelitian. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui pengaruh kepuasan
pelanggan terhadap customer retention dan pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap
customer retention serta pengaruh hambatan berpindah terhadap customer retention.
Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu kepuasan pelanggan,
kepercayaan pelanggan dan hambatan berpindah serta customer retention / retensi
pelanggan sebagai variabel terikatnya. Populasi yang digunakan adalah seluruh penghuni
Asrama Putri Bela Negara UPN ?Veteran? JATIM dengan jumlah 268 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah
sampel sebesar 73 responden. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data
yang berdasarkan kuesioner hasil jawaban responden sedangkan analisis yang digunakan
adalah Partial Least Square.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memberikan
konstribusi untuk meningkatkan customer retention, kepercayaan pelanggan memberikan
konstribusi untuk meningkatkan customer retention, dan hambatan berpindah
memberikan konstribusi untuk meningkatkan customer retention.
Kata kunci : Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Hambatan Berpindah dan
Customer Retention