Abstract :
Meningkatnya pertumbuhan industri sandal di Indonesia di dominasi oleh
sandal yang telah memiliki brand ternama. Sejak beberapa tahun yang lalu,
perkembangan bisnis bidang sandal mengalami pertumbuhan yang sangat
signifikan. Kompetisi industri sandal di Indonesia sangat ketat karena setiap
produsen senantiasa berupaya untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan
meraih konsumen baru. Menurut hasil pengamatan dan data penjualan produk,
sandal Homyped setiap bulan menurun karena semakin rendahnya minat
konsumen untuk memilih produk sandal Homyped.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk
dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen sandal Homyped di Mall
Ramayana Sidoarjo. Adapun populasi yang menjadi target penelitian ini adalah
pelanggan produk sandal Homyped di Mall Ramayana Sidoarjo dan sampel yang
digunakan sebanyak 60 responden. Metode yang digunakan adalah purposive
sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, dan
wawancara. Analisis data menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS)
dengan menguji pengaruh kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan PLS dapat diketahui bahwa
variabel kualitas produk, berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen sandal Homyped di Mall Ramayana Sidoarjo. Sementara
itu, variabel harga juga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan
pembelian konsumen sandal Homyped di Mall Ramayana Sidoarjo.