Abstract :
Peran Country Of Origin Reputation Perusahaan, Consumer Ethnocentrisme,
Animosity DanTrust Pada Produk Bajaj India Di
PT. Bajaj Mitra Sukses Abadi
Ratna Dewi Is Wulandari
0612010144/FE/EM
ABSTRAKSI
Pertumbuhan perdagangan internasional dan pembentukan supranasional
ekonomi dan politik blok perdagangan telah terasa memperluas kehadiran di pasar
produk-produk yang berbeda asal-usul nasional. Hal ini telah merangsang minat
dalam menjelaskan peran country of origin dalam pasar domestik dan
internasional dan konsekuensi-konsekuensinya pada perilaku konsumen.
Keputusan pembelian konsumen dapat menentukan keberhasilan strategi
perusahaan di dalam negeri dan pasar luar negeri. Sekarang ini, produk asal dapat
membawa suatu hambatan perdagangan barang dan jasa di dalam atau antar
negara. Preferensi konsumen untuk produk-produk dalam dan luar negeri dapat
dipengaruhi oleh kepercayaan di perusahaan asing, ethnosentrisme konsumen dan
perasaan negatif terhadap negara tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
apakah Consumer Animosity berpengaruh terhadap Consumer Ethnocentrisme,
untuk mengetahui apakah Country of Origin Reputation berpengaruh terhadap
Consumer Animosity, untuk mengetahui apakah Country of Origin Reputation dan
Consumer Animosity berpengaruh terhadap Consumer Trust dan untuk
mengetahui apakah Consumer Ethnocentrisme, Consumer Animosity dan
Consumer Animosity berpengaruh terhadap Consumer Purchase.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang datang ke Dealer
PT. Bajaj Mitra Sukses Abadi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalm
penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan adalah
150 orang. Teknik analisis digunakan dalam penelitian ini adalah Structural
Equation Modeling (SEM).
Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan Structural Equation
Modeling (SEM) diperoleh hasil bahwa Animosity berpengaruh positif terhadap
Ethnocentrisme, Animosity berpengaruh negatif terhadap Trust, Animosity
berpengaruh negatif terhadap Purchase Intention, Trust berpengaruh positif
terhadap Purchase Intention dan Ethnocentrisme berpengaruh negatif terhadap
Purchase Intention.
Kata Kunci: country of origin reputation, consumer ethnocentrisme, animosity,
trust