Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Maya , Fauziyah
Subject
HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
Datestamp
2011-03-05 05:09:11
Abstract :
Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama
dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Seiiring
perkembangan tersebut masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan dalam
mengkonsumsi kebutuhannya sehari-hari. Persaingan yang semakin ketat
membuat perusahaan minuman sari buah menggunakan berbagai strategi dan
berusaha mendapatkan dan mempertahankan konsumen agar tetap menjadi
pelanggannya. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan Frutang adalah rendahnya
minat beli yang dilakukan oleh konsumen minuman sari buah untuk berminat
membeli minuman Frutang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh elemen-elemen ekuitas merek terhadap minat beli konsumen.
Populasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah semua orang
yang pernah melihat iklan yang ada di televisi yang bertempat tinggal di
Surabaya. Teknik penentuan sampel yang dipergunakan adalah non probability
sampling yaitu penentuan sampel tidak secara acak dengan menggunakan teknil
purposive sampling dan untuk pengujian data digunakan analisis SEM ( Struktural
Equation Modeling ).
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat
ditarik sebuah kesimpulan yang diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah :
Hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif antara ekuitas m,erek terhadap
minat membeli dapat terbukti kebenarannya. Ekuitas merek merupakan
serangkaian asset dan kewajiban (liabilitas) merek yang terkait dengan sebuah
merek, nama dan simbol yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan
sebuah produk atau jasa kepada perusahaan atau pelangganperusahaan tersebut.
Karena merek merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan
keistimewaan, manfaat dan jasa tertentu memberikan jaminan mutu, karena
konsumen akan memilih merek yang bisa memberikan kepuasan yang tinggi. Jika
konsumen merasa puas akan kualitas suatu produk maka minat membeli
konsumen akan menigkat.