Abstract :
Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformational dan supervisi Kepala Sekolah terhadap kepuasan kerja dan peningkatan kinerja Guru bersertifikasi SMP Negeri di Rayon Juwana Kabupaten Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory research. Jumlah populasi seluruh guru bersertifikasi SMP Negeri di Rayon Juwana Kabupaten Pati sebanyak 190 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak sebanyak 129 orang menggunakan teknik proportional. Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan data kuesioner. Uji instrumen data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan Analisis jalur menggunakan SEM (Structural Equation Modelling).
Berdasarkan data-data dan hasil uji penelitian ini dapat diambil kesimpulan ada gaya kepemimpinan transformational berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, supervisi Kepala Sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, sedangkan kepuasan kerja tidak memiliki peran yang efektif sebagai variabel intervening.