Abstract :
PENGARUH PRIVATE BRAND STRATEGY TERHADAP SHOPPING
PREFERANCE PELANGGAN MELALUI
BRAND EQUITY PADA ALFAMART
RUNGKUT SURABAYA
Achira Harvian Dewi
Abstraksi
Sebuah merek adalah nama yang diberikan oleh suatu perusahaan untuk
satu (atau beberapa) dari produk atau jasa. Tanpa merek, konsumen tidak tahu
satu produk dari iklan lain dan kemudian akan menjadi hampir mustahil. Dalam
melakukan pemilihan terhadap suatu merek, konsumen pada umumnya akan
selalu berusaha melakukan pemilihan berdasarkan preferensi berdasarkan atribut
dengan tujuan untuk mengurangi sekelompok pilihan dalam usaha untuk
mendapatkan hasil keputusan akhir yang sesuai. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui apakah private brand strategy berpengaruh terhadap brand equity,
kemudia apakah private brand strategy dan brand equity berpengaruh terhadap
shopping preference .
Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Private Brand Strategy
(X), Brand Equity (Y), dan shopping preference (Z). Skala pengukuran variabel
menggunakan skala semantic differensial. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan yang berberlanja di Alfamart Rungkut Suarabaya. Jenis data penelitian
adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh sebagai tanggapan dari
kuesioner yang disebarkan kepada responden dan juga hasil dari wawancara
dengan pihak-pihak yang mendukung penelitian ini. Model yang digunakan untuk
menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling
(SEM).
Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan dapat
ditarik kesimpulan bahwa private brand strategy berpengaruh signifikan positif
terhadap brand equity, private brand strategy dan brand equity berpengaruh
signifikan positif terhadap shopping preference.
Keywords : private brand strategy, brand equity, shopping preference