Abstract :
Keberhasilan perusahaan sebagian besar di tentukan oleh kualitas Submer Daya
Manusia yang menjadi pilar utama bagi kokoh berdirinya perusahaan.
PT. Junger Farma Distributor di Surabaya mempunyai visi untuk memperoleh hasil
penjualan yang tinggi atas product ? productnya melalui Sumber Daya Manusia yang
memiliki keahlian dalam memasarkan dan menjual product secara profesional. Atas dasar
pemikiran tersebut penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi, pemahaman dan
solusi tentang bagaimana cara memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan kinerja
karyawan bagian marketing.
Dalam penelitian ini menjelaskan tentang teori yang menyatakan pengaruh Stress kerja
terhadap motivasi dan dampaknya pada kinerja karyawan PT. Junger Farma Distributor
di Surabaya. Kinerja seorang karyawan baigan marketing akan baik bila dia mempunyai
harapan ( expectation ) masa depan lebih baik, dan itu akan tercapai bila stress kerja
dikelola dengan baik pula. Sehingga menimbulkan motivasi agar dapat meningkatkan
kinerja.
Dalam menganalisa penelitian ini menggunakan alat analisis SEM ( Structural
Equation Modeling ) yang merupakan analisis peubah ganda atau analisis multivariabel
dalam bentujk struktural relationship.
Hasil pembahasan menunjukkan bahwa stress kerja (Lingkungan Organisasi / kerja,
Organisasi dan individual) berpengaruh positif terhadap motivasi kerja dan motivasi
kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan bagian marketing pada PT. Junger
Farma Distributor di Surabaya.
Dari hasil pembahasan tersebut maka disarankan kepada Perusahaan ( PT.Junger
Farma Distributor ) untuk lebih memperhatikan kendala ? kendala ataupun
perkembangan yang terjadi pada karyawan bagian marketing. Serta memberikan
pengarahan atau bimbingan sehingga karyawan lebih termotivasi dan lebih
mengembangkan serta meningkatkan kinerja mereka.