Abstract :
Tujan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh price discount, suasana
tempat, dan fasilitas terhadap minat menginap tamu di hotel Safin Kabupaten Pati
Jawa Tengah baik secara parsial maupun secara simultan. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah penyebaran kuesioner di hotel Safin Kabupaten Pati Jawa Tengah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu yang menginap di hotel Safin
Kabupaten Pati Jawa Tengah. Sedangkan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sebagian tamu yang menginap di hotel Safin Kabupaten Pati
Jawa Tengah yang berjumlah 100 responden. Data yang diperoleh dari hasil
penyebaran kuesioner tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji KMO
(Kaiser Meyer Olkin) untuk menguji validitas dan reliabilitas data, selain itu
untuk membuktikan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel
dependen secara parsial maupun secara simultan dengan menggunakan analisis
regresi linier berganda.
Hasil dalam penelitian ini yaitu : (1) Price Discount tidak berpengaruh
terhadap minat menginap, (2) Suasana tempat berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat menginap, (3) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat menginap.