Abstract :
Dengan semakin pesatnya penjualan yang ada di Indonesia, menyebabkan terjadinya
persaingan yang semakin ketat. Sedangkan disisi lain jumlah permintaan konsumen masih
terbatas. Maka fungsi pemasaran menempati proporsi yang semakin menentukan bisnis
perusahaan, tentu saja tanpa mengesampingkan fungsi-fungsi bisnis yang lainnya. Pergeseran
variabel yang mempunyai persaingan dapat menimbulkan masalah, disaat belum ada persaingan
maka perusahaan belum membutuhkan pemasaran, pada saat persaingan semakin keras, maka
pemasaran menjadi fungsi yang semakin penting di perusahaan dan pada saat situasi persaingan
sudah sangat keras tidak dapat diduga dan kacau, pemasaran menjadi konsep bisnis yang
menjiwai setiap orang dalam perusahaan Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan
konsumen.
Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
yaitu sampel yang dipilih berdasarkan atas ciri-ciri atau karakteristik yang sudah ditetapkan
untuk mencapai tujuan atau maksud tertentu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah SEM.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SEM (Stuctural Equation Modeling)
dan pembahasan hasil penelitian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan hal-hal untuk
menjawab permasalahan sebagai berikut : Variabel bauran pemasaran tidak berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen.