DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PMRI BERBANTUAN PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA SD
Total View This Week2
Institusion
Universitas Muria Kudus
Author
AINI, NURUL
Subject
Pendidikan (Umum) 
Datestamp
2018-02-07 06:41:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan permainan monopoli dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SD 2 Mlati Lor. Pemecahan masalah matematika merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah matematika dengan menggunakan cara atau langkah yang sistematis sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Model pembelajaran PMRI merupakan model pembelajaran yang mengutamakan siswa untuk melakukan pembelajaran secara nyata sesuai dengan yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Permainan monopoli merupakan suatu permainan yang menggunakan papan kotak yang disekelilingnya terdapat kotak-kotak kecil yang bertuliskan nama kota atau wilayah negara. Penelitian ini telah dilaksanakan di kelas III SD 2 Mlati Lor Kudus dengan jumlah siswa 22. Penelitian ini berlangsung pada 2 siklus yaitu yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model PMRI berbantuan permainan monopoli, dan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan model PMRI berbantuan permainan monopoli mengalami peningkatan antara siklus I dengan rata-rata 60,1 (baik) dan siklus II meningkat menjadi 75,91 (sangat baik). Peningkatan keterampilan mengajar guru dari rata-rata siklus I 2,91 (baik) menjadi 3,32 (sangat baik) pada siklus II. Hasil peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I 2,63 (baik) menjadi 3,1 (sangat baik) pada siklus II.. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PMRI berbantuan permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar matematika siswa dalam materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SD 2 Mlati Lor. Saran dari peneliti yaitu guru dapat menerapkan model PMRI berbantuan permainan monopoli sebagai inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, peneliti juga harus membahas proses pemecahan masalah dalam kegiatan permainan monopolinya.  
Institution Info

Universitas Muria Kudus