Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Adi Budayantho, Pramuditya
Subject
HB1-3840 Economic Theory
Datestamp
2011-02-11 03:43:05
Abstract :
PENGARUH PERILAKU PENYESUAIAN DIRI TERHADAP
KINERJA PENJUALAN PERUSAHAAN ASURANSI
DI SURABAYA
(Studi Kasus Pada PT. Asuransi Bina Dana Arta Surabaya)
Pramuditya Adi Budayantho
ABSTRAK
Dalam industri asuransi, tenaga penjual asuransi merupakan ujung tombak
pemasaran produk asuransi, sehingga penelitian mengenai pengaruh sifat-sifat
kemampuan menyesuaikan diri dalam menjual terhadap kinerja penjualan tenaga
penjual asuransi diharapkan akan memberikan kontribusi bagi kemajuan industry
asuransi. Meskipun tenaga penjual memiliki sifatsifat kemampuan menyesuaikan
diri dalam menjual secara lengkap, kurangnya kemampuan berkomunikasi yang
ditunjukkan di antaranya, yaitu kurangnya kemampuan mendengarkan akan
menghambat kesuksesan dalam interaksi penjualan. Tujuan dari penelitian ini
adalah Untuk menganalisis pengaruh tingkat pemantauan diri dan tingkat empati
tenaga penjual terhadap kemampuan mendengarkannya, dan untuk menganalisis
pengaruh tingkat pemantauan diri, tingkat empati, tingkat kemampuan
mendengarkan tenaga penjual terhadap kinerja penjualannya
Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian penjualan pada PT.
Asuransi Bina Dana Arta, PT. Asuransi Ramayana, PT. Asuransi Bintang. Model
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM).
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SEM (Stuctural Equation
Modeling) dan pembahasan hasil penelitian yang telah dikemukakan, dapat
disimpulkan : Tingkat pemantauan diri tenaga penjual tidak mempunyai pengaruh
terhadap kemampuan mendengarkan, Tingkat empati tenaga penjual mempunyai
pengaruh terhadap kemampuan mendengarkannya, Tingkat pemantauan diri
tenaga penjual mempunyai pengaruh terhadap kinerja penjualannya, Tingkat
empati tenaga penjual mempunyai pengaruh terhadap kinerja penjualannya,
Tingkat kemampuan mendengarkan tenaga penjual mempunyai pengaruh
terhadap kinerja penjualannya.
Keywords : tingkat pemantauan diri, tingkat empati tenaga penjual,
kemampuan mendengarkan dan kinerja penjualan