Abstract :
PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER)
TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG GO PUBLIK
DI BURSA EFEK INDONESIA
Oleh :
RIZKI ADITYA HARTANTO
Abstrak
Era globalisasi saat ini suatu negara sedang giat ? giatnya meningkakan
pertumbuhan perekonomian, salah satunya adalah Indonesia. Sebagai salah satu Negara
yang berkembang pada saat ini, Indonesia sedang giat melaksanakan perkembangan
disegala bidang, sehingga membutuhkan dana yang cukup besar. Dana yang dibutuhkan
tersebut dapat digali dari berbagai sektor antara lain pajak maupun pinjaman ? pinjaman
baik yang diperoleh dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini berarti perlu adanya
kerja sama yang baik antara pemerintah dengan dunia usaha untuk menghimpun dana
yang cukup besar, melalui berbagai instrumen yang bisa dimanfaatkan salah satunya
adalah pasar modal. harga saham sifatnya berfluktuasi dikarenakan terdapat beberapa
faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal dalam penelitian ini menggunakan
variabel EPS dan PER untuk memprediksi harga saham.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan otomotif
yang go public dan terdaftar di BEI tahun 2005 ? 2009, sedangkan jenis data yang
digunakan adalah data kuantitatif, sedangkan dilihat dari cara memperolehnya, data yang
dipergunakan adalah data sekunder yaitu data keuangan perusahaan. Untuk teknik
pengambilan sampel menggunkan purposive sampling, dan untuk menguji hipotesis
digunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis regresi linier berganda adalah
EPS dan PER berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan otomotif yang go
public dibursa efek Indonesia.