Abstract :
Alasan memilih penelitian ini adalah Semakin hari cadangan air bersih
semakin berkurang, sementara kebutuhan akan air bersih selalu bertambah.
Menyikapi kondisi ini, maka PT Unilever mengeluarkan produk Molto Ultra Sekali
Bilas yang membuat proses pembilasan pencucian pakaian cukup dilakukan satu kali
saja sehingga akan menghemat penggunaan air. Untuk mendukung program
penghematan air tersebut, maka perlu bantuan dari masyarakat untuk ikut
berpartisipasi dalam Gerakan Sekali Bilas yang dapat mempengaruhi sikap Ibu
Rumah Tangga Surabaya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
sikap ibu rumah tangga Surabaya terhadap isi pesan iklan Molto Ultra Sekali Bilas di
televisi, baik sikap kognitif, afektif dan konatif.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner dengan purposive sampling,
yakni sampel yang telah ditentukan karakteristiknya oleh peneliti sesuai dengan
tujuan dan permasalahan penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak
100 orang.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini secara keseluruhan adalah sikap
responden pada kategori positif sebesar 73 persen dan netral 27 persen. Sikap pada
kategori positif menunjukkan bahwa responden turut mendukung dan ikut
berpartisipasi dalam Gerakan Sekali Bilas yang dihimbau dalam tayangan iklan
Molto Ultra Sekali Bilas yang bertujuan untuk penghematan air Negara, dengan
menggunakan Molto Ultra Sekali Bilas saat mencuci pakaian yang cukup sekali
bilas.