Abstract :
PENGARUH ATRIBUT PEMBENTUK KEPUASAN TERHADAP PERILAKU
WOM ( WORD OF MOUTH ) MELALUI KEPUASAN KONSUMEN
SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK
NOTEBOOK TOSHIBA DI HI ? TECH MALL
SURABAYA
(Studi Kasus Pada Produk Notebook Toshiba Di Hi-Tech Mall Surabaya)
Ari Susanto
ABSTRAK
Globalisasi merupakan dampak dari berkembang dan menyebarnya arus
informasi dan teknologi secara meluas. Era ini membuka semua peluang yang
memungkinkan barang, informasi dan pengetahuan dapat diakses masyarakat
global dengan mudah.selain itu globalisasi juga identik dengan perkembangan dan
penyebaran teknologi. Dalam berbagai bentuk teknologi pada dasarnya tercipta
untuk manusia dan memberikan kemudahan. Berbagai alat diciptakan dan
dikembangkan dengan sangat cepat untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat
terhadap kemudahan ? kemudahan dalam menjalankan roda kehidupan.kebutuhan
tersebut anatara lain adalah kebutuhan untuk mengolah dan menyimpan data,
mempermudah pekerjaan di berbagai bidang, memperoleh informasi, menambah
pengetahuan, hiburan dan lain ? lain. Semua kebutuhan tersebut dapat dipenuhi
lewat teknologi yang disebut computer atau notebook. tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh Atribut Pembentuk Kepuasan, kepuasan
konsumen terhadap perilaku WOM (Word Of Mouth) pada produk notebook
Toshiba.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen
Notebook Toshiba. Sampel pada penelitian ini 110 pelanggan. Model yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM).
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SEM (Stuctural Equation
Modeling) dan pembahasan hasil penelitian yang telah dikemukakan, dapat
disimpulkan hal-hal untuk menjawab permasalahan sebagai berikut : variabel
atribut pembentuk kepuasan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen notebook
Toshiba, variabel kepuasan konsumen berpengaruh terhadap perilaku WOM
notebook Toshiba.
Keywords : Atribut Pembentuk Kepuasan, kepuasan konsumen, perilaku WOM
(Word Of Mouth)