Abstract :
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN DI CV. RAJAWALI
PLATING MASINDO DI SIDOARJO
Oleh :
Aminatus Zuhria
ABSTRAKSI
Dewasa ini perkembangan ekonomi di Indonesia pada umumnya
berkembang dengan pesat. Dalam rangka memenangkan persaingan ini para
pemilik perusahaan berlomba-lomba untuk menerapkan strategi pemasaran
yang paling jitu. Salah satu alternatif pendekatan yang saat ini mulai banyak
digunakan oleh perusahaan adalah relationship marketing (RM),
relationship marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang
bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan. CV. Rajawali Plating
Masindo sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yaitu
jasa electroplating verzinc atau jasa pelapisan zinc. CV. Rajawali Plating
Masindo Sidoarjo dalam kurun waktu 3 tahun terakhir mengalami
penurunan pesanan (order) dari tahun 2007-2009. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan
pelanggan CV. Rajawali Plating Masindo Sidoarjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan CV. Rajawali
Plating Masindo Sidoarjo. Skala pengukuran menggunakan skala interval
dan skala pembentukan menggunakan skala semantic differential. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan
metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 105
pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan CV. Rajawali Plating
Masindo Sidoarjo. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural
Equation Modeling) untuk melihat hubungan kausalitas antar faktor.
Hasil pengujian memperlihatkan bahwa relationship marketing
berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan.
xi
Keyword : Relationship Marketing, Kepuasan Pelanggan.