Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna iklan produk televisi
Gerry O Donut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Penelitian ini mempresentasikan penggambaran iklan televisi komersial.
Metode penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan semiologi John
Fiske untuk mengetahui pemaknaan secara meneyeluruh iklan Gerry O Donut di
televisi dimana proses pembentukan makna oleh semiotika bersifat intensional
dan memiliki motivasi..
Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data
penelitian ini adalah analisis semiotik John Fiske yang membagi film (iklan)
menjadi beberepa level utama yaitu pada realitas dan level representasi. Sehingga
peneliti dapat menginterpretasikan semua unsur atau elemen (talent, setting,
wardrobe, adegan, slogan / tagline, camera angel, sound / suara , dll) kemudian
dilanjutkan dengan analisis semiologi John Fiske yang terdapat pada iklan Gerry
O Donut di televisi dan menyimpulkan berbagai makna dan dari tampilan
visulisasi tersebut dalam beberapa scene dan beberapa shot potongan-potongan
visual iklan
Berdasarkan analisis peneliti mengenai pemaknaan iklan Gery O Donuts di
televisi dengan pendekatan John Fiske maka dapat disimpulkan: Dalam visualisasi
Iklan Gary O Donuts dengan versi ?Bulat-Bulat Ingat Gary O Donuts di televisi
secara keseluruhan mengandung unsure eksploitasi seksualitas. Hal ini dapat dilihat
dalam Iklan Gary O Donuts dengan versi ?Bulat-Bulat Ingat Gary O Donuts
visualisasinya adalah seorang pria dan wanita yang benar-benar di tonjolkan
seksualitasnya dalam iklan tersebut. Pada iklan ini menunjukkan sisi eskploitasi
seksualitas, hal ini dibuktikan dengan kedua talent memposisikan tubuh dan bentuk
bibir pasangan tersebut yang membentuk seperti huruf ?O? yang bulat, seperti
orang yang akan berciuman.