Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Juniardi , Damar Permanajati
Subject
HF5410 Marketing. Distribution of products
Datestamp
2011-03-05 07:09:04
Abstract :
Persaingan di era globalisasi akan semakin mengerahkan system
perekonomian ke arah yang pada akhirnya memposisikan pemasar untuk selalu
mengembangkan dan merebut pangsa pasar. Salah satu aset untuk mencapai hal
itu adalah produk yang dewasa ini berkembang menjadi sumber aset terbesar bagi
perusahaan. Dalam kondisi pasar yang konpetitif preferensi dan loyalitas
pelanggan adalah kunci kesuksesan. Dengan demikian, pemasaran dewasa ini
merupakan pertempuran persepsi konsumen dan tidak lagi sekedar pertempuran
produk. Untuk membangun persepsi dapat dilakukan melalui jalur merek dan
memahami perilaku merek. Merek yang prestisius memiliki ekuitas merek yang
kuat. Semakin kuat ekuitas merek suatu produk maka semakin kuat daya tariknya
untuk mengiring konsumen mengkonsumsi produk tersebut. Produk Shampo
boleh dibilang merupakan salah satu kategori produk dengan tingkat persaingan
yang sangat ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh
Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Pelanggan shampo merek Rejoice.
Variabel yang digunakan dalam pada penelitian ini adalah Untuk
mengetahui pengaruh Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Pelanggan shampo merek
Rejoice. Dengan obyek penelitian shampo merek Rejoice. Populasi dalam
penelitian ini adalah keseluruhan pelanggan shampo merek Rejoice sampai
sekarang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation
Modeling (SEM).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : dari hasil uji
kausalitas Ekuitas Merek berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan
Shampo Rejoice dapat diterima..