DETAIL DOCUMENT
KONTRIBUSI INOVASI PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN EKUITAS MEREK DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING USAHA KECIL MENENGAH BATIK DI SURAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Heru , Waluyo
Subject
HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance 
Datestamp
2011-03-05 07:09:00 
Abstract :
Perputaran bisnis dan persaingan yang ketat mengharuskan perusahaan perlu menerapkan strategi yang tepat. Dalam strategi dijelaskan bagaimana perusahaan mencapai keunggulan bersaing. Berkaitan dengan pentingnya upaya meningkatkan keunggulan bersaing, terdapat beberapa alternative pendekatan yang perlu dilakukan perusahaan agar unggul dengan pesaing lain, yaitu dengan melakukan inovasi produk, memperbaiki kualitas produk dan menguatkan ekuitas merek. Tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1. Semakin banyak inovasi produk yang dilakukan, maka semakin meningkat keunggulan bersaing, 2. Semakin tinggi kualitas produk yang dihasilkan, maka semakin tinggi keunggulan bersaing, 3. Semakin tinggi ekuitas merek yang dimiliki, maka semakin tinggi keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari menyebarkan kuisioner kepada UKM Batik di Surakarta sebanyak 100 kuisioner. Untuk pengujian data menggunakan analisis SEM (Struktural Equation Model). Teknik pengukuran variabel menggunakan skala interval, dengan memakai metode perbedaan semantic (semantic differentials scale). Dari hasil uji kausalitas didapatkan hasil bahwa faktor inovasi produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing, faktor kualitas produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan factor ekuitas merek berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur