Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji_dan_menganalisis
pengaruh_Dukungan_Manajemen_Puncak,_Kemampuan_Teknik_Personal,
Keterlibatan_Pengguna,_Program_Pelatihan_dan_Pendidikan,_serta_Forma
lisasi_Pengembangan_Sistem_Informasi_terhadap_Kinerja_SIA. Populasi
dalam penelitian-ini adalah 46 Perusahaan Jasa Perhotelan di Kota
Semarang. Pengambilan sampel menggunakan metode convenience
sampling. Karyawan perusahaan jasa perhotelan yang bekerja dalam
departemen akuntansi dan keuangan sebagai responden. Sampel yang
ditetapkan dan diperoleh 10 perusahaan. Instrumen-penelitian ini berupakuesioner-
yang dibagikan-secara langsung ke perusahaan yang
bersangkutan kemudian diperoleh 50-data-yang-diolah, sehingga-sampelpenelitian-
ini-ada-50-responden. Analisis- data dalam penelitian ini
menggunakan Statistika Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas,
menggukan aplikasi SPSS. Sementara Analisa Pengukuran, dan Uji
Struktural menggunakan SmartPLS.
Penelitian menemukan pengaruh positif variabel (1) Dukungan
Manejemen Puncak-terhadap- kinerja-SIA, (2) Kemampuan-
Teknik_personal tidak memiliki pengaruh-terhadap-kinerja-SIA, (3)
keterlibatan-pengguna-tidak-memberikan-dampak-terhadap-kinerja-SIA, (4)
Program Pelatihan-dan-Pendidikan=memberikan dampak
terhadap=kinerja=SIA, (5) Formalisasi Pengembangan-Sistem-Informasi
tidak memberikan pengaruh-terhadap-kinerja-SIA.