DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN KUALITAS LAYANAN DI PERUMDA AIR MINUM BANYUMILI KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Stikubank
Author
Naufal, Mochammad Yusuf
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2021-12-10 07:00:07 
Abstract :
Kepuasan pelanggan menjadi sasaran strategis agar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang serta tetap eksis dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang (PDAM). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan air minum Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang. Metode penelitian menggunakan penelitian desktiptif kualitatif dengan dokumentasi serta wawancara kepada narasumber. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat erat dengan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat diketahui dari hasil Analisa data tersebut diperoleh temuan-temuan sebaga berikut : upaya Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan terlihat dari bukti fisik, kehandalan, respon, jaminan, dan empati. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan kualitas layanan yang baik dapat menghasilkan kepuasan pelanggan. Dengan upaya-upaya tersebut Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang berhasil meyakinkan pelanggan melalui Survei Kepuasan Pelanggan (SKM) yang dinilai ?BAIK? dengan rata-rata nilainya adalah 69,79 
Institution Info

Universitas Stikubank