Institusion
Universitas Stikubank
Author
Fitriyah, Musyayadatu Ariqotul
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2021-12-20 04:18:10
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh masing-masing
variabel bebas yaitu: gaya hidup konsumen, persepsi harga dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
pengguna aplikasi Shopee di Kabupaten Pemalang, peneliti mengambil sampel
sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data
primer diperoleh dari kuesioner, sedangkan data sekunder dengan menggunakan
studi pustaka. Hasil uji yang digunakan adalah sebagai berikut: Uji instrumen
penelitian menunjukkan, bahwa semua indikator valid dan semua variabel
reliabel. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan, bahwa variabel bebas yang
digunakan mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pengguna
aplikasi Shopee di Kabupaten Pemalang. Hasil uji model F menunjukkan, bahwa
model regresi layak digunakan sebagai model penelitian. Dari hasil uji t dan
koefisien regresi menunjukkan, bahwa gaya hidup konsumen, persepsi harga dan
kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pengguna aplikasi Shopee di Kabupaten Pemalang.