Abstract :
Konsep kunjungan ulang wisatawan pada suatu daerah tujuan wisata erat
kaitannya dengan konsep pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah e-word of mouth, daya tarik wisata, dan citra destinasi
berpengaruh terhadap kepuasan, serta untuk mengetahui apakah kepuasan
berpengaruh terhadap minat kungjungan kembali.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Kawasan Kota Lama
Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan
teknik purposive accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan
analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program
Statistik SPSS v20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel eword
of mouth, citra destinasi, dan daya tarik berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan, dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
berkunjung kembali.