Abstract :
Perilaku membeli dan menggunakan produk kecantikan sudah menjadi
kebutuhan bagi wanita. Wardah menjadi produk kosmetik dalam negeri yang
terkenal sebagai pelopor merek kosmetik Halal di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi
harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen. Objek penelitian ini adalah
konsumen Wardah. Populasi penelitian adalah konsumen wanita Wardah Exclusive
Matte Lipcream di Kota Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling sebanyak 105 responden dengan kriteria konsumen wanita
telah membeli dan menggunakan lebih dari satu kali. Teknik pengambilan data
dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan pertanyaan disusun berdasarkan
skala likert. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan
aplikasi SPSS versi 16 yang menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk,
persepsi harga dan citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini memiliki nilai Adjusted R Square kurang dari 50% berarti variabel
bebas yaitu kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek dalam menjelaskan
variasi variabel kepuasan konsumen terbatas. Rekomendasi penelitian adalah
Wardah harus mempertahankan dan meningkatkan citra merek karena memiliki
nilai koefisien regresi (beta) tertinggi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen.
The behavior of buying and using beauty products has become a necessity
for women. Wardah is a domestic cosmetic product as a pioneer of Halal cosmetic
brands in Indonesia. This study aims to examine and analyze the effect of product
quality, price perception and brand image on consumer satisfaction. The object of
this research is Wardah consumers. The research population is female consumers
of Wardah Exclusive Matte Lipcream in Semarang City. Sampling using purposive
sampling technique as many as 105 respondents with the criteria that female
consumers have purchased and used it more than once. The data collection
technique was carried out by distributing questionnaires with questions arranged
on a Likert scale. The data analysis method uses multiple linear regression with
SPSS version 16 application which shows that partially product quality, price
perception and brand image have a positive effect on consumer satisfaction. This
study has an Adjusted R Square value of less than 50% meaning that the
independent variables are product quality, price perception, and brand image in
explaining variation of consumer satisfaction variables are limited. Research
recommendation is Wardah must maintain and improve brand image because it has
the highest regression coefficient (beta) in influencing consumer satisfaction.