Abstract :
Nilai perusahaan merupakan aspek penting yang mampu
mempengaruhi persepsi dari pada investor untuk melakukan sejumlah
investasi pada perusahaan yang memiliki nilai tinggi seperti dilihat harga
sahamnya dan kinerja keuangan perusahaan yanga da dalam laporan
tahunan/keuangan. Nilai perusahaan yang tinggi merupakan tujuan dari
perusahaan maka pihak anajemen cenderung berusaha mengoptimalisasi
harga saham, meningkatkan keuntungan, menekan hutang dan
memperbesar ukuran perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
membuktikan secara empiris terkait dengan adanya pengaruh
profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap nilai perusahaan.
Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 104 data laporan keuangan selama 4
tahun pengamatan yang diambil dengan teknik purposive sampling dan
merupakan perusahaan manufaktur pada sektor makanan dan minuman
yang terdaftar di BEI tahun 2016 hingga 2019. Data penelitian sebelum
dianalisis dilakukan pengujian asumsi berupa uji normalitas,multikolonieritas, heterokedastisitas dan autokorelasi, yang kemudian
dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian bahwa profitabilitas
(ROA) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai dari
perusahaan, begitu juga dengan tingkat leverage perusahaan berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun berbeda
dengan ukuran perusahaan yang tidak memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan sehingga besar kecilnya ukuran perusahaan tidak mampu
menentukan tinggi atau rendahnya nilai perusahaan.
The value of the company is importnt aspect that is able to influence the
perception of The value of the company is an important aspect that is able to
influence the perception of investors to make a number of investments in
companies that have high values as seen in their share prices and financial
performance of companies in the annual/financial reports. High company value is
the goal of the company, so management tends to try to optimize stock prices,
increase profits, reduce debt and increase company size. Therefore, it is very
important to find the consistency of the factors that have an influence on firm
value. This study aims to prove empirically related to the effect of profitability,
firm size and leverage on firm value. The sample of this research is 104 financial
statement data for 4 years of observation taken by purposive sampling technique
and are manufacturing companies in the food and beverage sector listed on the
IDX from 2016 to 2019. The research data before being analyzed were tested for
assumptions in the form of normality, multicollinearity, and multicollinearity
tests. heteroscedasticity and autocorrelation, which were then analyzed by
multiple regression. This study found that profitability (ROA) has positive and significant efect on value of comppany, as well as the level of comppany
leverage has a positif and significant efect on the value of the company.
However, it is different from the size of company which does not have an influence
on the value of the company so that the size of company is not able to determine
the high or low value the company.