DETAIL DOCUMENT
PENGARUH FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE ( STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE DI KOTA KENDAL)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Stikubank
Author
Shofiyani, Namira
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-05-20 01:33:08 
Abstract :
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini dilakukan dengan konsumen yang berbelanja di Shopee di Kota Kendal sebagai responden. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Kriteria responden yaitu: minimal berusia 17 tahun, dan telah melakukan pembelian minimal satu kali di Shopee. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebagai instrument penelitian. Penelitian ini menggunakan beberapa uji instrument, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Pada hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online. Tetapi hasil pada faktor sosial membuktikan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Dari ketiga variabel independen tersebut faktor psikologis memiliki nilai yang paling mendominasi dibandingkan dengan faktor sosial dan faktor pribadi. Hal ini menunjukkan bahwa faktor psikologis sebagai unsur pertama dalam pertimbangan konsumen berbelanja di Shopee, kemudian unsur kedua adalah faktor pribadi. Sedangkan untuk faktor sosial, tidak termasuk pertimbangan konsumen dalam berbelanja di Shopee. 
Institution Info

Universitas Stikubank