Abstract :
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, faktor pribadi, dan
faktor psikologis terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini dilakukan
dengan konsumen yang berbelanja di Shopee di Kota Kendal sebagai responden.
Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 120 responden. Kriteria responden yaitu: minimal berusia 17
tahun, dan telah melakukan pembelian minimal satu kali di Shopee. Pengumpulan
data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebagai instrument
penelitian. Penelitian ini menggunakan beberapa uji instrument, uji regresi
berganda, dan uji hipotesis. Pada hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor
pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian online. Tetapi hasil pada faktor sosial membuktikan tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Dari ketiga variabel
independen tersebut faktor psikologis memiliki nilai yang paling mendominasi
dibandingkan dengan faktor sosial dan faktor pribadi. Hal ini menunjukkan bahwa
faktor psikologis sebagai unsur pertama dalam pertimbangan konsumen
berbelanja di Shopee, kemudian unsur kedua adalah faktor pribadi. Sedangkan
untuk faktor sosial, tidak termasuk pertimbangan konsumen dalam berbelanja di
Shopee.