DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PEMASARAN PRODUK BAN SEPEDA MOTOR DENGAN TEORI PERMAINAN (GAME THEORY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN DI WILAYAH SURABAYA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Syahid, Ardiansyah
Subject
HF5410 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2011-03-07 01:23:37 
Abstract :
Dalam era globalisasi dan pasar bebas seperti sekarang ini menuntut kita untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menentukan strategi dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang ada. Strategi yang biasa disusun oleh sebuah perusahaan dalam mengkomunikasikan produknya disebut bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 4 komponen yang dikenal dengan istilah 4P yaitu product, price, promotion, and place. Dewasa ini banyak bermunculan produk ban sepeda motor dengan berbagai jenis. Dengan banyaknya merek ban sepeda motor yang beredar dipasaraan saat ini, memungkinkan konsumen bebas memilih dengan kualitas dan harga yang sesuai dengan keinginan. Hal ini mengakibatkan timbulnya persaingan yang semakin ketat dan memungkinkan terjadinya perebutan pasar. Masing-masing produsen harus mengetahui sejauh mana tingkat kompetitifnya terhadap kompetitor dalam meraih pangsa pasar, sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat untuk produk tersebut. Dengan adanya situasi ini maka penelitian ini dilakukan dengan pengaplikasian Teori Permainan (Game Theory) dengan harapan dapat membantu pengambilan keputusan strategi pemasaran yang tepat dan memberikan keuntungan yang optimum bagi produsen ban sepeda motor. Dalam pengolahannya diperoleh hasil dari metode Game Theory adalah IRC melawan Federal, IRC menerapkan strategi kualitas dan Federal menerapkan strategi harga agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 33,06%. IRC melawan Mizzle, IRC menerapkan strategi kualitas dan Mizzle menerapkan strategi kembangan/motif agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 41,13%. IRC melawan Swallow, IRC menerapkan strategi kualitas dan Swallow menerapkan strategi promosi iklan agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 25,00%. IRC melawan Blackstone, IRC menerapkan strategi kualitas dan Blackstone menerapkan strategi jenis ban agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 50,00%. Federal melawan Mizzle, Federal menerapkan strategi harga dan Mizzle menerapkan strategi kembangan/motif agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 4,84%. Federal melawan Swallow, Federal menerapkan strategi harga dan Swallow menerapkan strategi promosi iklan agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 56,46%. Federal melawan Blackstone, Federal menerapkan strategi ketersediaan dan Blackstone menerapkan strategi jenis ban agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 15,32%. Mizzle melawan Swallow, Mizzle menerapkan strategi kembangan/motif dan Swallow menerapkan strategi promosi iklan agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 61,29%. Mizzle melawan Blackstone, Mizzle menerapkan strategi kembangan/motif dan Blackstone menerapkan strategi jenis ban agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 13,71%. Swallow melawan Blackstone, Swallow menerapkan strategi promosi iklan dan Blackstone menerapkan strategi jenis ban agar menghasilkan nilai permainan yang optimal sebesar 31,45%. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur