Abstract :
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HYPERMARKET CARREFOUR BG
JUNCTION
BUBUTAN SURABAYA
Oleh :
Andry Torent
Hypermarket Carrefour BG Junction surabaya merupakan suatu bisnis eceran
yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir dengan tujuan untuk melayani
kebutuhan total konsumen.. Dalam kegiatan pemasarannya Hypermarket Carrefour
BG Junction Bubutan Surabaya mengalami permasalahannya yaitu adanya
kecenderungan menurunnya omzet penjualan. Penurunan omzet ini diindikasikan
dengan persaingan yang ketat. Adanya penurunan ini disebabkan karena produk,
harga dan promosi yang diberikan. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi
pemasaran terhadap keputusan pembelian di Hypermarket Carrefour BG Junction
Bubutan Surabaya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat dirumuskan
masalah ? Apakah variabel strategi pemasaran mempunyai pengaruh terhadap
keputusan pembelian??. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yaitu produk,
harga dan promosi. Sedangkan variable terikat dalam penelitian ini adalah keputusan
pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang berkunjung di
Hypermarket Carrefour BG Junction Bubutan Surabaya. Jumlah sampel dalam
penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik non random sampling (non
probability sampling) tepatnya accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak
108 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Structural
Equation Modeling (SEM).
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan
teknik Structural Equation Modeling diketahui signifikansi dari regresi antara strategi
pemasaran dengan keputusan pembelian adalah sebesar 0,000 Dengan demikian
terlihat bahwa nilai 0,000 kurang dari level of signifikan yang diisyaratkan yaitu
10%, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan strategi
pemasaran berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian terbukti kebenarannya.
Kata kunci: Strategi Pemasaran (Marketing Mix), Keputusan Pembelian.