DETAIL DOCUMENT
PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN BLITAR – SRENGAT STA 3+450 SAMPAI STA 10+350 DENGAN METODE AASHTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Tri, Haryono
Subject
HE331 Traffic Engineering. Road and Highways. Streets 
Datestamp
2011-03-09 04:53:46 
Abstract :
Pada perencanaan perkerasan ruas jalan Blitar ? Srengat ini menggunakan perkerasan lentur dengan umur rencana 15 tahun. Pada umur rencana 15 tahun susunan perkerasannya 10 cm lapisan permukaan (Laston MS 744), 15 cm lapisan pondasi atas (batu pecah kelas A) dan 25 cm lapisan pondasi bawah (sirtu kelas C). Perencanaan geometrik pada ruas jalan Blitar ? Srengat menggunakan alinyemen horisontal dan alinyemen vertikal. Untuk alinyemen horisontal pada STA 9 + 350 memakai lengkung full circle (FC), STA 3 + 600 memakai lengkung spiral-circle-spiral (SCS), dan pada STA 5 + 525 memakai lengkung spiral-spiral (SS). Untuk alinyemen vertikal pada STA 4 + 900 sampai 5 + 100 memakai vertikal cembung, STA 7 + 900 sampai 8 + 300 memakai verikal cekung, dan STA 9 + 100 sampai 9 + 450 memakai vertikal cekung. Perencanaan saluran drainase dengan dimensi saluran tepi menggunakan tipe trapesium. Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa kemiringan talud (m) tergantung dari besarnya debit aliran (Q). Untuk kemiringan talud = 1:1 didapatkan kedalaman saluran yang tergenang air (d) = 0,52 m, lebar saluran = 0,50 m, dengan tinggi jagaan (w) = 0,51 m. Sedangkan untuk menyalurkan air dari saluran samping direncanakan gorong-gorong dengan diameter 1,73 m dan tebal 0,19 m untuk menghindari meluapnya air dan gorong ? gorong tersebut terletak pada STA 3 + 450, STA 5 + 500, STA 7 + 075, STA 9 + 450. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur