Abstract :
Proses pengelolaan makam umum yang dimiliki pemerintah kota Surabaya
khususnya yang dikelolah dinas kebersihan dan pertamanan kota surabaya, masih
menggunakan sistem manual. Dimana data jenazah disimpan dalam buku dan
disetorkan pada dinas setiap satu bulan sekali untuk dilakukan proses pengecekan
oleh petugas dinas. Masyarakat tidak dapat mengetahui tentang kondisi makam
saat ini dan proses pencarian jenazah masih belum ada. Sistem seperti ini kurang
efisien bagi masyarakat karena masyarakat tidak mengetahui banyak informasi
mengenai makam umum.
Untuk menanggulangi hal tersebut maka dibuat aplikasi pengelolaan
pemakaman umum di Surabaya yang menampilkan banyak informasi mengenai
makam umum di Surabaya mulai dari sistem pencarian jenazah, informasi kondisi
makam,berita proses pemakaman dan informasi mengenai identitas jenazah. Hasil
dari Tugas Akhir ini yaitu menampilkan banyak informasi mengenai data jenazah.
Hasil pencarian informasi tersebut didukung oleh sistem pendataan yang
dilakukan oleh admin pada setiap makam dan dapat dilihat melalui internet secara
langsung oleh para pengguna dan operator dapat melakukan pengawasan melalui
komputer.
Aplikasi pengelolaan makam umum yang dimiliki Pemerintah Kota
Surabaya ini telah diuji coba dengan berbagai uji kelayakan. Hasil uji coba
menunjukkan bahwa seorang pengguna dapat melakukan simpan,update dan
hapus data, serta masyarakat dapat mengetahui banyak informasi tentang makam
umum yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah di Kota Surabaya.