Institusion
Universitas Kristen Duta Wacana
Author
11140017, Alverts Anugrah Pandoyu
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2021-06-18 02:01:22
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic services quality (eservqual)
terhadap kepuasan pelanggan PT. Traveloka dengan studi kasus pada
mahasiswa dan pelajar kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis
regresi linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan setiap variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial digunakan uji
T dan untuk menguji hipotesis digunakan uji F. Variabel ? variabel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah efficiency, reliability, fulfillment, privacy, responsiveness,
dan contact yang dihipotesiskan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner.
Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang diambil dari
mahasiswa/pelajar di kota Yogyakarta yang pernah menggunakan jasa traveloka
minimal 2x.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel efficiency, fulfilment, responsiveness,
dan contact tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen
Traveloka, namun reliability dan privacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan konsumen Traveloka.