Institusion
Universitas Kristen Duta Wacana
Author
11150081, Pasifikus Gagut
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2021-06-18 02:14:08
Abstract :
Penelitian ini menguji pengaruh komponen variabel independen yang meliputi kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan berbelanja di supermarket Pamella di
Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Sampel yang digunakan yaitu dengan metode purposive sampling dengan kriteria konsumen Pamella yang berbelanja lebih dari 2 kali dalam 1 bulan. Jumlah sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat tiga hipotesis yang digunakan yaitu: pertama, diduga kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pelanggan berbelanja di supermarket Pamella Yogyakarta. Kedua, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan berbelanja di supermarket Pamella Yogyakarta. Ketiga, diduga kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan berbelanja di supermarket Pamella Yogyakarta.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat statistik regresi linear berganda. Hasil dari analisis statistik tersebut menunjukan bahwa komponen variabel kepercayaan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan berbelanja di supermarket Pamella Yogyakarta sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan. Dapat
disimpulkan bahwa Keramahan serta sopan santun karyawan dalam memberikan pelayanan memuaskan kepada konsumen, sikap yang jujur serta memberikan kenyamanan dalam berbelanja yang ditawarkan oleh Pamella tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen berbelanja di supermarket Pamella Yogyakarta.