DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI PADA PRODUK INDUSTRI GERABAH DI SENTRA INDUSTRI KASONGAN, BANTUL, YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Duta Wacana
Author
11110037, IMMANUEL KARUNIAWAN
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2020-06-04 04:05:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi pada produk industri gerabah Kasongan di Bantul, Yogyakarta. Variabel independen (bebas) dalam penelitian ini adalah orientasi pasar, yang terdiri dari orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional. Sedangkan variable dependen (terikat) dalam penelitian ini adalah inovasi. Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (lebih dari satu) terhadap varabel dependen adalah regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda ini diolah berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada 82 responden, yaitu pemilik sekaligus pengelola industri gerabah/keramik di Sentra Industri Gerabah/Keramik Kasongan Bantul, Yogyakarta. Dari pengujian diketahui bahwa variabel bebas secara simultan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat, serta koefisien determinasi sebesar 54,4%. Yang berarti 54,4% variabel inovasi dapat dijelaskan oleh variabel orientasi pasar, yang terdiri dari orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional 
Institution Info

Universitas Kristen Duta Wacana