Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan premium pada pengguna aplikasi Spotify di Yogyakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu citra merek, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan sedangkan variabel terikatnya yaitu loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adakah pelanggan yang sudah pernah menggunakan aplikasi Spotify di Yogyakarta dalam 6 (enam) bulan terakhir. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan metode yang digunakan yaitu purposive sammpling dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (𝑅2), uji F, dan uji t. Angka Adjusted R Square yang diperoleh adalah 42,1% menunjukkan bahwa sebesar 42,1% variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel bebas dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebanyak 57,9% dijelaskan oleh lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Selanjutnya uji F menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yang diteliti terbukti secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Kemudian dalam uji t diketahui bahwa variabel bebas yaitu citra merek dan Ewom secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan, sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan.