DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FEAR OF MISSING OUT SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Kristen Duta Wacana
Author
Grey Julian Hae Doko
Subject
HF Perdagangan 
Datestamp
2024-06-11 06:04:04 
Abstract :
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Social Media Influencer (SMI) dan minat investasi, dengan mempertimbangkan potensi Fear of Missing Out (FoMO) pada generasi Z dan milenial. Melibatkan 243 responden di Kota Yogyakarta, Kota Kupang, dan Kota Pontianak, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan hubungan positif signifikan antara SMI dan minat investasi (path coefficient 0,164, p-value 0,020). FoMO memiliki efek moderasi negatif pada hubungan tersebut (path coefficient -0,122, p-value 0,044), menunjukkan bahwa FoMO dapat mengurangi dampak positif SMI terhadap minat investasi. 
Institution Info

Universitas Kristen Duta Wacana