Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Anindita, Atiya
Subject
381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Datestamp
2022-01-29 04:59:03
Abstract :
Komunikasi terbagi menjadi beberapa jenis. Dari berbagai jenis komunikasi,
komunikasi massa adalah komunikasi yang dapat menggambarkan era teknologi
komunikasi seperti dewasa ini. Internet telah masuk dalam elemen komunikasi
massa. Internet dan fungsinya telah merubah cara berkomunikasi manusia pada
umumnya, bukan hanya dalam menjalani kehidupan sosial sehari-hari tapi juga
dalam dunia pekerjaan. Salah satu praktisi komunikasi dalam dunia kerja adalah
Public Relations. Kehadiran internet ditengah masyarakat membuat munculnya
aktivitas atau peran baru dalam PR yang disebut Online Public Relations. Online
PR dalam hal ini menempatkan internet sebagai fungsi dan social media adalah
salah satu tools-nya.
Judul skripsi ini adalah Analisis Pemanfaatan Social Media oleh Divisi Public
Relations PT. Dyandra Promosindo dalam Promosi Event Indonesia International
Motorshow 2013. Tujuannya adalah menganalisis pemanfaatan social media oleh
Divisi PR Dyandra Promosindo dalam promosi event Indonesia International
Motor Show 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif.
Instrumen penelitian ini adalah wawancara mendalam dan studi dokumen.
Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, model
data, dan verifikasi kesimpulan.
Dari hasil penelitian, walaupun ada satu tahap dalam konsep perencanaan social
media oleh Jacka dan Scott yang tidak digunakan, yaitu metrics, perencanaan
social media yang digunakan oleh Divisi PR Dyandra Promosindo sudah cukup
sesuai dengan konsep yang peneliti gunakan.