DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Visual Storytelling Web Series "Yakin Nikah?" terhadap Citra Merek JBL Indonesia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Setiawan, Glorya Adella
Subject
HD30 Strategic Communication 
Datestamp
2022-12-07 01:59:12 
Abstract :
Web series sekarang ini mulai dimanfaatkan oleh perusahaan dalam memasarkan produk atau mereknya. Namun demikian, dalam produksi dan promosi web series tidak hanya sekedar bercerita saja, tetapi juga bagaimana pembentukkan pesan diproses melalui informasi visual dalam sebuah visual storytelling. JBL sebagai merek dalam industri elektronik audio menggambarkan penerapan visual storytelling tersebut dalam salah satu web series-nya yang berjudul "Yakin Nikah". Penelitian ini memiliki fokus untuk mengetahui ada atau tidaknya dan seberapa besar pengaruh dari variabel visual storytelling terhadap citra merek. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Elaboration Likelihood Model (ELM), konsep visual storytelling, social media marketing, online public relations, dan citra merek. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan eksplanatif menggunakan survei. Survei dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 215 responden yang pernah menonton web series "Yakin Nikah" dan merupakan followers akun Instagram JBL Indonesia. Hasil penelitian ini ialah terdapat pengaruh strategi visual storytelling web series "Yakin Nikah" (X) terhadap citra merek JBL Indonesia (Y), yaitu sebesar 34.5% dan 65.5% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dipaparkan dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara