DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Tingkat Efektivitas E-WOM terhadap Minat Beli melalui Brand Awareness: Studi pada #MALUTANGGALMERAH oleh Tiket.com di Media Social Twitter
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Zacharias, Davina Magdalena
Subject
HD30 Strategic Communication 
Datestamp
2022-11-16 04:02:29 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh makin banyaknya perusahaan yang menggunakan online marketing melalui media sosial sebagai alat promosi untuk menawarkan produk dan jasanya kepada konsumen. Sebagai perusahaan layanan tiket yang berbasis online, sangat penting bagi Tiket.com untuk memviralkan namanya di kalangan netizen. Ketika brand viral, tidak hanya brand awareness akan meningkat, namun ada kemungkinan muncul minat beli ketika Tiket.com sudah melekat di benak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin menguji apakah E-WOM #malutanggalmerah yang disebarkan oleh Tiket.com di media sosial Twitter efektif untuk membentuk brand awareness dan apakah setelah brand awareness terbentuk akan muncul minat beli konsumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif - eksplanatif dengan teknik sampling non probability - purposive sampling dengan jumlah total 400 responden. Model regresi yang digunakan adalah analisis jalur dikarenakan penelitian ini memiliki variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM memberikan pengaruh kepada brand awareness sebesar 44,3%, Brand Awareness memberikan pengaruh kepada minat beli sebesar 3,3%, dan E-WOM memberikan pengaruh kepada minat beli sebesar 32,3%. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara