DETAIL DOCUMENT
Strategi Media Sosial Marketing DAMN I Love Indonesia dalam Meningkatkan Digital Fans Engagement: Studi kasus pada Instagram @_damniloveindo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Cindy Novenia, Yolanda
Subject
HD30 Strategic Communication 
Datestamp
2022-11-07 03:30:20 
Abstract :
Media sosial saat ini tidak lagi hanya menjadi alat untuk berkomunikasi, akan tetapi menjadi sebuah media baru dengan cara yang paling efektif untuk memasarkan sebuah produk maupun dunia bisnis. Kemajuan media sosial mempengaruhi dunia bisnis khususnya bidang fashion sebanyak 18,15% yang menduduki peringkat kedua kontribusi perekonomian di Indonesia setelah kuliner sebesar 41,69% menurut BEKRAF. Dunia fashion di Indonesia semakin berkembang pesat dan belakangan ini penduduk Indonesia memiliki minat tinggi terhadap produk buatan lokal. Hal ini membuat penulis tertarik melakukan analisis strategi media sosial marketing pada merek DAMN I Love Indonesia yang bergerak dalam bidang fashion, yang menggunakan Instagram sebagai salah satu strategi pemasarannya. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan paradigma post-positivistik. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara kepada Angel Aprillia Susanto selaku Marketing Online Supervisor DAMN I Love Indonesia dan Rahmannul Alianta sebagai narasumber ahli, observasi, dan studi dokumen sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan DAMN I Love Indonesia sudah memanfaatkan fitur-fitur di Instagram seperti Instagram story, insight, sponsored on Instagram, berpartner dengan influencer, dan menggunakan user generated content untuk meningkatkan digital fans engagement. Engagement rate dari DAMN I Love Indonesia sebesar 0,51% dan meningkat menjadi 0,52%. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara