DETAIL DOCUMENT
Analisis Klasifikasi Gambar Berbasis Chatbot pada Platform Social Commerce LINE@
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Gabrielle Nangoy, Jennifer
Subject
TK7885-7895 Computer engineering. Computer hardware 
Datestamp
2020-01-10 09:21:50 
Abstract :
Perkembangan teknologi internet yang bergerak pesat menimbulkan dampak pada perubahan gaya hidup menjadi lebih digital. Munculnya e-commerce merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi. E-commerce didefinisikan sebagai proses jual beli yang dilakukan secara online. Social commerce merupakan salah satu kategori dari e-commerce. LINE Messenger merupakan salah satu aplikasi messaging yang ikut menyediakan wadah untuk social commerce melalui Official Account (OA). Lewat OA tersebut nantinya penjual akan berkomunikasi langsung dengan pembeli untuk proses transaksi. Produk yang dijual biasanya akan dipasarkan melalui sosial media dan pembeli yang tertarik akan langsung menghubungi penjual dengan mengirimkan gambar produk melalui aplikasi messaging. Namun, penjual akan membutuhkan waktu untuk membalas pesan dari pembeli tersebut sehingga pembeli harus menunggu. Penelitian ini membangun sebuah chatbot yang berguna untuk menangani pesan gambar yang dikirim oleh pembeli dan memberikan balasan berupa informasi dari produk tersebut sehingga pembeli bisa mendapatkan informasi produk lebih cepat. Chatbot dibangun menggunakan metode Convolutional Neural Network untuk dapat mengklasifikasikan gambar. Hasil pengujian didapat nilai akurasi yaitu 0.41 dan chatbot mampu men-generasi pesan untuk dibalaskan kepada pembeli. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara